KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF


KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

MODUL 1.1 REFLEKSI FILOSOFIS PENDIDIKAN NASIONAL KHD

MODUL 1.2 NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF


KETERKAITAN MODUL 1.1 DAN 1.2

Pendidikan merupakan proses menuntun seluruh kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginyabaik sebagai manusia atau anggota masyarakat

Pendidikan dilaksanakan berpihak pada murid, guru berhamba pada anak.

Guru ibarat seorang petani, sekolah ibarat lahan/tanah, dan murid ibarat benih. Petani hanya bisa menuntun tumbuhnya benih dengan merawatnya. Bukan mengubah benihnya.

Nilai Guru Penggerak

Berpihak pada murid

Reflekktif

Mandiri

Inovatif

Kolaboratif


Peran Guru Penggerak

Menjadi Pemimpin Pembelajaran

Mendorong kolaborasi

Mewujudkan kepemimpinan murid

Menjadi Coach bagi guru lain

Menggerakkan komunitas praktisi


Dengan peran guru, maka dapat mewujudkan pembelajaran  dengan nilai yang berpihak pada murid. Guru membelajarkan murid sesuai dengan kodratnya. Baik kodrat alam maupun zamannya.

Guru berperan seperti “petani” yang dapat merawat tumbuh kembangnya murid. Bukan lakunya atau kodratnya. Maka, dengan nilai dan peran guru, dapat melaksanakan pembelajaran dengan menuntun murid sesuai dengan kodratnya


KETERKAITAN MODUL 1.3 DAN 1.4

Dengan visi, guru memiliki cita-cita murid masa depan. Dalam mewujudkan visi, seorang guru perlu menerapkan budaya positif.

Merumuskan visi dengan prakarsa perubahan, seorang guru sangat perlu melakukannya dengan konsisten dan disiplin positif. Oleh kena itu, Alur BAGJA yang dirancang juga bermuara pada budaya positif di sekolah. 

Dengan visi yang berpihak kepada murid, guru dapat merancang disiplin positif, keyakinan kelas, restitusi dengan memperhatikan kebutuhan dasar murid dan 5 posisi kontrol. 


KETERKAITAN MODUL 1.1, 1.2, 1.3, 1.4

Filosofi pemikiran  KI HAJAR DEWANTARA tentang pendidikan yang menuntun kodrat anak, berhamba kepada murid dimaksudkan untuk menejwantahkan nilai profil pelajar Pancasila yang  dengan NILAI-NILAI GURU PENGGERAK, serta melaksanakan PERAN GURU PENGGERAK dalam mewujudkan prakarsa perubhan dalam VISI. Prakarsa perubahan dengan INKUIRI APRESIATIF model BAGJA  yang dirancang guru diterapkan di sekolah melalui pembiasaan-pembiasaan positif, disiplin positif dan membentuk karakter positif sehingga terwujud BUDAYA POSITIF. Didukung dengan KEYAKINAN KELAS DAN RESTITUSI untuk pembiasaan dan penyadaran murid.


REFLEKSI 


SIMAK VIDEONYA:

Terima kasih telah berkunjung pada web pena pendidikan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF"