Cara Lapor Diri Tahap 2 dan Jadwal Piloting PPG Guru Tertentu 2024

Pena Pendidikan-Cara Lapor Diri Tahap 2 dan Jadwal Piloting PPG Guru Tertentu 2024. Setelah para sahabat guru dinyatakan memenuhi syarat mengikuti PPG dalam jabatan 2024 atau PPG Guru Tertentu 2024, maka segera melakukan lapor diri.

Perhatikan Cara Lapor Diri Tahap 2 dan Jadwal Piloting PPG Guru Tertentu 2024 pada bagian bawah artikel ini.

PPG Guru Tertentu Tahap 2

Saat ini, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan atau PPG Guru Tertentu memasuki tahap kedua. Khusus untuk tahap kedua (2l) ini calon guru yang telah ditetapkan berhak mengikuti program ini melalui Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Calon peserta PPG Guru Tertentu wajib melakukan lapor diri ke LPTK yang telah ditunjuk. Langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa secara administrasi dan data peserta tercatat dengan benar.


Syarat Lapor Diri PPG

Bagi calon mahasiswa PPG dalam jabatan untuk segera menyiapkan syarat lapor diri kepada LPTK penyelenggara PPG Guru Tertentu 2024.

Dokumen-dokumen persyaratan administrasi tersebut harus dalam bentuk digital dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara. Berikut adalah syarat-syarat yang perlu dipenuhi:

Pakta Integritas

Scan Ijazah S1 Asli

Scan Transkrip Nilai S1 Asli

Scan KTP

Scan NPWP

Surat Keterangan Sehat

Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKCK)

Surat Bebas NAPZA

Pas Foto Berwarna

Scan Akta Kelahiran

Cara Lapor Diri Calon Mahasiswa ke LPTK Piloting PPG Tahap 2 Tahun 2024

Proses lapor diri calon mahasiswa PPG dalam jabatan atau piloting PPG Guru Tertentu ke LPTK dalam pelaksanaan PPG Tahap 2 pada 2024 dapat dilakukan melalui beberapa langkah mudah. Setelah memastikan semua dokumen persyaratan lengkap, peserta dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk lapor diri:

Peserta harus masuk ke portal resmi PPG Kemendikbud, ppg.kemdikbud.go.id. 

Pada portal tersebut, calon mahasiswa atau peserta dapat memilih LPTK yang telah ditunjuk sesuai dengan penetapan dalam SIMPKB masing-masing.

Setelah masuk ke portal, peserta akan diarahkan untuk memilih LPTK tempat mereka melakukan pelatihan. Pilih LPTK dengan benar.

Setelah memilih LPTK, peserta akan diminta untuk melengkapi data pribadi seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, NIK, dan nomor UKG. Data ini harus diisi dengan benar sesuai dengan dokumen asli seperti KTP dan ijazah.

Pada tahap ini, peserta wajib mengunggah semua dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya, seperti ijazah, SKCK, surat keterangan sehat, hingga pas foto berwarna. Pastikan file yang diunggah sudah dalam format yang benar dan jelas terbaca.

Setelah semua data dan dokumen telah diisi dan diunggah dengan benar, langkah terakhir adalah mengirimkan laporan diri. Peserta hanya perlu menekan tombol “Kirim” untuk menyelesaikan proses ini. Jika semua berjalan lancar, data akan diverifikasi oleh tim operator PPG di LPTK yang dipilih.

Jadwal Piloting PPG Guru Tertentu 2024

Jadwal Piloting PPG Guru Tertentu 2024 sebagai berikut:

Konfirmasi Kesediaan: 15 – 18 Agustus 2024.

Penetapan Mahasiswa PPG: 23 Agustus 2024.

Lapor Diri di LPTK: 26 – 31 Agustus 2024.

Matrikulasi: 27 Agustus – 4 September 2024.

Orientasi Mahasiswa PPG: 2 – 6 September 2024.

Awal Perkuliahan: 9 September 2024.



Post a Comment for "Cara Lapor Diri Tahap 2 dan Jadwal Piloting PPG Guru Tertentu 2024"