DIBUKA: Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 Tahun 2024

 Aleepenaku.com DIBUKA: Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 Tahun 2024. Silakan bisa dicek kembali DIBUKA: Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 Tahun 2024. Hal ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi sahabat calon guru penggerak atua guru yang ingin mendaftar sebagai calon guru penggerak angkatan 12 tahun 2024.

Terutama bagi sahabat yang belum pernah mendaftar ataupun yang pernah mendaftar namun belum dinyatakan lolos. Selain itu juga apabila daerah sahabat semua termasuk daerah sasaran PGP Angkatan 12 tahun 2024 ini.

Sumber Gambar SS: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/




Mengapa Menjadi Guru Pengggerak?

Perlu dipahami kembali bahwa menjadi guru penggerak merupakan sebuah pilihan. Namun demikian, menurut admin, guru penggerak merupakan hal yang terbaik untuk terus dijadikan momentum bagi setiap guru untuk mengembangkan diri, juga orang lain. 

Salah satunya, Calon Guru Penggerak akan dibekali denagn pengetahuan dan kecakapan menjadi pemimpin pembelajaran bagi siswa. Setiap guru penggerak juga dilatih agar terbiasa dan mahir dalam berkolaboasi bagi guru. Mengapa? Sebab, guru penggerak merupakan agen perubahan paradigma pembelajaran.

Selain itu, Guru penggerak (GP) juga sebagai penggerak perubahan dan pemrakarsa perubahan di sekolah. Oleh karena itu, harapannya para CGP maksimal dalam belajar dan melakukan aksi nyata. Seperti kita ketahui bahwa alumni CGP sudah cukup banyak yang melanjutkan perannya di sekolah. Mereka yang telah menempuh Pendidikan Guru Pengggerak (PGP) sejak angkatan 1,2,3,4,5,6, dan 7 hingga angkatan 11. Saat ini masih dalam proses juga untuk angkatan 10, 11.


Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 

Perlu diketahui untuk proses rekrutmen calon guru penggerak memang melalui beberapa tahapan. Yaitu sebagai berikut:

tahap 1: 

Aktivitas pendaftaran/registrasi, 

pemberkasan, 

pengisian esai, 

pengunggahan RPP, 

penilaian portofolio, dan 

penilaian esai;

tahap 2: 

penilaian simulasi mengajar dan 

wawancara.


Pendaftaran CGP angkatan 12 

Pendaftaran akan dibuka untuk CGP angkatan 12, Selengkapnya tentang informasi proses rekrutmen calon guru penggerak angkatan10 dapat dilihat pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

Surat Ditjen GTK Kemdikbud 

Silakan segera UNDUH Surat Ditjen GTK 2543/B3/GT.03.00/2024 tentang Rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 RegulerDI SINI. 

Atau KE SINI.


Pokok Isi surat, yaitu:

Pada pelaksanaan pendidikan (PGP regular) Angkatan 12, Kemendikbudristek mendorong pelibatan pemerintah daerah yang menjadi sasaran untuk pembiayaan secara mandiri (pembiayaan dari APBD), pembiayaan dialokasikan pada proses pendidikan (selama 6 bulan) bagi CGP yang telah dinyatakan lulus seleksi (rekrutmen). Lebih lanjut model pembiayaan mandiri PGP oleh pemerintah daerah dapat dikoordinasikan dengan BBGP/BGP wilayahnya, sebagai penyelenggara PGP. Pembiayaan PGP yang bersumber dari APBN, diprioritaskan bagi daerah yang mempunyai lulusan Guru Penggerak yang jumlahnya sangat minim dan tabungan angkatan sebelumnya

Disampaikan tentang peserta/calon guru penggerak :

a. Guru ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD dan SMP.

b. Kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS), berstatus definitif dari ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD dan SMP.

Untuk satuan pendidikan formal jenjang SMA, SMK dan SLB tidak dibuka pendaftaran untuk Calon Guru Penggerak dikarenakan jumlah Guru Penggerak saat ini di jenjang tersebut sudah mencukupi proyeksi kebutuhan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

2. Selama pendidikan para guru dan kepala sekolah yang belum NRKS bersedia tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya di sekolah masing-masing.

3. Dinas Pendidikan Kab/Kota dapat mengusulkan atau memprioritaskan guru-guru yang potensial untuk menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah melalui surat rekomendasi atasan langsung yang diketahui oleh Dinas Pendidikan setempat.

4. Proses rekrutmen calon guru penggerak dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

● tahap 1 : registrasi, pemberkasan, pengisian esai, pengunggahan RPP, penilaian portofolio, dan penilaian esai;

● tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 2 s.d. 16 September 2024.

5. Tim rekrutmen calon peserta Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

6. Informasi proses rekrutmen calon guru penggerak angkatan 12 dapat dilihat pada lampiran 4, atau pada laman: https://kspstendik.kemdikbud.go.id/

7. Tim Seleksi mengundang guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, kepala dinas, atau pimpinan pelamar/calon guru penggerak di satuan tugasnya/di wilayahnya, untuk memberikan laporan/aduan berkenaan dengan rekam jejak/integritas para peserta seleksi yang dapat mencemarkan nama baik Program Pendidikan Guru Penggerak. Laporan/aduan disampaikan kepada Tim Seleksi melalui alamat email: gurupenggerakkemendikbud@gmail.com

Sumber: Surat Ditjen GTK 2543/B3/GT.03.00/2024  PDF Rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) Reguler Angkatan 12

Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP)  Angkatan 12 

Silakan mendaftar Calon Guru Penggerak Angkatan 12 Reguler, tekan tombol Pendaftaran di bawah ini.


KLIK

Dan informasi penting lainnya, dapat dibaca juga:


Platform Guru Merdeka Mengajar

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru


Demikian informasi tentang DIBUKA: Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 Tahun 2024. Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

Post a Comment for "DIBUKA: Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 Tahun 2024"