Mengapa Portal Web SSCASN Belum Bisa Diakses? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Pena Pendidikan-Mengapa Portal Web SSCASN Belum Bisa Diakses? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya. Mungkin para sahabat sedang atau telah membuka situs web portal SSCASN beberapa kali. Baik hari ini maupun sejak kemarin. Namun, masih belum bisa akses. Mengapa Portal Web SSCASN Belum Bisa Diakses? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya.

 

sumber gambar: https://bkpsdm.limapuluhkotakab.go.id/

Kapan Pengumuman Pendaftaran?

Nah, unutk seleksi CPNS dan PPPK tahun 20243 belum ada pengumuman registrasi. Namun, admin meyakini pengunjung web sscasn semakin padat. Salah satu tujuannya adalah untuk memastikan agar dapat segera mengetahui pengumuman secara resmi pendaftaran CPNS ataupun CASN PPPK tahun 2024. 

Pada saat membuka link web tersebut, mungkin banyak sahabat yang mengeluhkan sejumlah kendala, salah satunya masalah akun SSCASN belum bisa dibuka atau diakses. Mengapa Portal Web SSCASN Belum Bisa Diakses? Atau kapan bisa diakses? Sehingga para sahabat bisa mengetahui dan persiapan membuat akun di sscasn.

Penyebab Terjadinya Kendala Akses

Berdasarkan diskusi dengan sahabat lainnya, kemungkinan web belum bisa diakses bisa saja disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, koneksi jaringan sahabat belum stabil. Atau mengalami kendala pada sambungan internet yang dapat menyebabkan hubungan ke web tersebut mengalami kendala.

Kendala lain yang mungkin terjadi karena web sedang maintinance. Sehingga menyebabkan lemot atau belum bisa diakses. Jadi, untuk bisa diakses para sahabat dapat menunggu proses tersebut selesai. Namun demikian, tetap memperhatikan pemberitahuan resmi dari situs web tersebut.

Apakah karena server yang mengalami hambatan juga bisa menyebabkan web belum  bisa dibuka? Bisa saja demikian. Namun, sekali lagi kita harus sering mengeceknya. Para sahabat harus tetap fokus dan sering mengunjungi laman sscasn. 

Situs web sscasn juga mengalami peningkatan kunjungan dapat membuat eror atau belum bisa dikunjungi. Artinya, ada situasi yang belum stabil yang memungkinkan website sscasn tersebut terkendala atau belum bisa diakses.

Jika para sahabat menemukan informasi tentang kendala yang dihadapi sehingga tidak bisa akses ke website sscasn, maka juga dapat mengionformasikan kepada sahabat lainnya maupun kepada admin. Sehingga dapat dijadikan pengalaman dan diinformasikan kepada sahabat semuanya.

Cara Mengatasinya

Nah, apabila mengalami kendala dan sebab seperti dijelaskan di atas, maka cobalah beberapa cara berikut.

  • Hal terpenting, maka disarankan kepada para sahabat untuk menunggu sampai server stabil. Kondisi stabil berarti kunjungan atau akses ke website tersebut normal kembali.
  • Silakan mencoba mengakses website tersebut pada jam-jam malam yang tidak ramai, Sahabat bisa mencoba mengakses pada dini hari atau pagi hari.
  • Cara berikutnya, silakan para sahabat agar mengecek website secara berkala. Mencobanya dalam keadaan sinyal bagus dan waktu tertentu.


Cara Daftar Akun SSCASN

Dalam laman berita https://kumparan.com/ dijelaskan bahwa menurut Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara untuk tahun sebelumnya, disebutkan bahwa untuk mendaftar seleksi CPNS, peserta harus membuat akun SSCASN terlebih dahulu.

Adapun untuk proses pendaftarannya dapatdilakukan melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Perhatkan langkah-langkahnya berikut ini:

  • Akses laman SSCASN melalui link https://sscasn.go.id/, 
  • Selanjutnya klik “Buat Akun” untuk memulai proses pendaftaran.
  • Jika muncul pop up permintaan akses kamera, silakan bisa mengklik “Allow” untuk mengizinkan penggunaan kamera.
  • Masukkan identitas data diri: NIK calon pendaftar, nomor KK, nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor HP, dan email.
  • Masukkan kode CAPTCHA, lalu klik Lanjutkan.
  • Masukkan data ijazah untuk menyinkronkannya dengan identitas KTP.
  • Selanjutnya, perhatikan menu isian yang tersedia dan masukkan Nama Tanpa Gelar (sesuai ljazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kab/Kota Lahir (sesuai jazah), dan Tanggal Lahir (Sesuai ljazah). Khusus kolom Kab/Kota Lahir, cukup ketikkan minimal 3 karakter awal saja, kemudian klik salah satu dari pilihan yang tersedia (auto complete).
  • Unggah atau upload foto scan KTP dan lakukan foto selfi/swafoto. Setelah itu, klik “Simpan Foto”.
  • Masukkan kembali kode CAPTCHA yang sesuai, kemudian klik Lanjutkan.
  • Jika ingin melakukan perbaikan data, klik tombol “Kembali”. 
  • Jika ingin mengakhiri pendaftaran, klik “Proses Pendaftaran Akun”.
  • Langkah berikut, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang dimasukkan sudah sesuai. Pilih “Iya” jika data yang diisi sudah benar dan pilih “Tidak” untuk mengoreksinya kembali.
  • Pendaftaran selesai. 
  • Maka selanjutnya, peserta dapat mengunduh informasi pendaftaran dan melanjutkan proses Login.

Cek pula informasi tentang: 

pendaftaran cpns dan pppk tahun 2024

jadwal pendaftaran cpns dan pppk tahun 2024

cpns bidan 2024

pppk sma 2024

pembukaan cpns tahun 2024

pendaftaran cpns 2024

pendaftaran kemenkumham

pendaftaran cpns 2024 dibuka kapan

pendaftaran cpns pppk 2024

pendaftaran cpns 2024

cpns guru 2024

cpns guru 2025

cpns tahun 2024

cpns pendaftaran 2024

cek pendaftaran cpns 2024

cpns 2025

Demikian informasi tentang Mengapa Portal Web SSCASN Belum Bisa Diakses? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengapa Portal Web SSCASN Belum Bisa Diakses? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya"