UNDUH CONTOH JURNAL PEMBELAJARAN PILOTING PPG GURU TERTENTU (DALJAB) TAHUN 2024

Pena Pendidikan-Unduh Contoh Jurnal Pembelajaran Piloting PPG Guru Tertentu (Daljab) Tahun 2024. Nah, bagi sahabat mahasiswa atau peserta Piloting PPG Guru Tertentu 2024 saat ini telah mulai belajar dan diwajibkan untuk mengerjakan aksi nyata sebagai jurnal pembelajaran yang dapat dilakukan di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Maka, silakan Unduh Contoh Jurnal Pembelajaran Piloting PPG Guru Tertentu (Daljab) Tahun 2024 di bagian bawah artikel ini.



Sebagaimana diketahui bahwa model PPG Guru Tertentu tahun 2024 ini dilaksanakan dengan mode daring secara penuh dan belajar mandiri seperti ini, tidak sedikit peserta yang masih bingung dalam mengerjakan jurnal atau aksi nyata tersebut.

Langkah-Langkah Mengerjakan Jurnal Pembelajaran PPG Guru Tertentu 2024

Pada kesemptanan ini akan dijelaskan tentang Langkah-Langkah Mengerjakan Jurnal Pembelajaran PPG Guru Tertentu 2024. Jangan lupa untuk terus update di PMM dan mencari sumber informasi lainnya yang relevan.

1. Menyelesaikan Modul atau Unit Pembelajaran di PMM

Jurnal pembelajaran PPG Guru tertentu tahun 2024 dapat dikerjakan apabila peserta PPG Guru Tertentu telah menyelesaikan seluruh modul atau unit pembelajaran yang tersedia di PMM (Platform Merdeka Mengajar). Pastikan Anda memahami setiap materi yang disajikan dan mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang ada.

Nah, perlu diketahui bahwa jika sudah menyelesaikan modul, maka peserta akan menghadapi serangkaian post tes. Hasil post tes, mungkin tidak mempengaruhi penilaian kelulusan sebagai peserta. Namun, supaya diusahakan dapat mengerjakannya dengan baik agar mendapatkan pemahaman yang maksimal.


2. Mengakses Jurnal Pembelajaran

Selanjutnya, pasca kerjakan postes, maka pada bagian akhir atau di bawah,  peserta akan menemukan opsi untuk mengerjakan jurnal pembelajaran. Klik pilihan tersebut.

Kemudian peserta akan diarahkan untuk memilih topik jurnal pembelajaran. Pilih topik yang menurut Anda paling mudah dan relevan untuk dikerjakan.

Contoh: topik Pembelajaran Berdiferensiasi mungkin relatif mudah bagi peserta.


3. Mengerjakan Jurnal Pembelajaran

Setelah memilih topik, klik tombol “Selanjutnya”. maka setiap peserta akan melihat panduan lengkap untuk mengerjakan jurnal pembelajaran. Bacalah petunjuk tersebut dengan seksama untuk memastikan Anda memahami setiap langkah yang harus dilakukan.

Klik tombol “Mulai” untuk memulai pengerjaan jurnal.


4. Mengisi Jurnal Pembelajaran

Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat topik yang telah dipilih beserta rincian langkah-langkah untuk mengerjakannya.

Laksanakan aktivitas aksi nyata di kelas Anda sesuai dengan topik yang dipilih. Selanjutnya, silakan segera menyusun laporannya yang dilengkapi dengan dokumentasi foto dan umpan balik dari sasaran penerapan. Dari siswa, misalnya.

Jika aksi nyata sudah dilaksanakan dan laporan sudah dibuat, simpan laporan dalam bentuk PDF.

Setelah itu, masuk lagi ke PMM dan lakukan unggah.

Pada bagian ini, peserta akan mendapati kolom untuk mengunggah file laporan aksi nyata dalam format PDF yang tidak boleh lebih dari 10 MB.

Pastikan dokumen yang diunggah sudah lengkap dan sesuai dengan panduan.

Catatan:

Dokumen aksi nyata yang telah dilakukan oleh peserta, harus berisi laporan kegiatan, dokumentasi foto, dan dokumentasi umpan balik dari pelaksanaan aksi nyata.


5. Melengkapi Deskripsi Jurnal

Setelah file diunggah, isi kolom judul jurnal dengan judul yang sesuai dengan aksi nyata yang telah Anda lakukan. 

Contoh: “Aksi Nyata Pembelajan Berdiferensiasi di Kelas”

Selanjutnya isi kolom deskripsi. Deskripsikan secara singkat namun jelas mengenai isi jurnal pembelajaran yang telah Anda buat.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menuliskan refleksi tentang pembelajaran yang diperoleh selama mengerjakan jurnal pembelajaran. Tuliskan minimal 300 kata untuk menjawab pertanyaan ini.


6. Meninjau dan Mengumpulkan Jurnal

Sebelum mengunggah dokumen aksi nyata, pastikan semua isian telah lengkap dan sesuai dengan panduan yang telah dipelajari. Pastikan juga umpan balik yang disertakan adalah dari sasaran yang sesuai dalam pelaksanaan pembuatan jurnal.

Selanjutnya, klik tombol “Kumpulkan” untuk mengirimkan jurnal pembelajaran Anda.

Simak Penjelasannya:



Tips Mudah Mengerjakan Jurnal Pembelajaran 

Selama proses pembelajaran dan pembuatan jurnal, pastikan Anda:

Harus terlibat aktif dalam setiap aktivitas. 

Memahami mendalam tentang aksi nyata yang dilakukan.

Ajak rekan atau teman PPG lainnya untuk berdiskusi..


Unduh Contoh Jurnal Pembelajaran Piloting PPG Guru Tertentu (Daljab) Tahun 2024

Silakan Unduh Contoh Jurnal Pembelajaran Piloting PPG Guru Tertentu (Daljab) Tahun 2024, tekan tombol Download.

Demikian Informasi Unduh Contoh Jurnal Pembelajaran Piloting PPG Guru Tertentu (Daljab) Tahun 2024. Semoga bermanfaat.

1 comment for "UNDUH CONTOH JURNAL PEMBELAJARAN PILOTING PPG GURU TERTENTU (DALJAB) TAHUN 2024"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.