UNDUH KUMPULAN JURNAL PEMBELAJARANKU TUGAS PPG GURU TERTENTU TAHUN 2024 DI PMM

Pena Pendidikan-Unduh Kumpulan Jurnal Pembelajaranku Tugas PPG Guru Tertentu Tahun 2024 di PMM. Unduh Kumpulan Jurnal Pembelajaranku Tugas PPG Guru Tertentu Tahun 2024 di PMM. ini mencakup beberapa topik pembelajaran

Sahabat peserta PPG Guru Tertentu tahun 2024, apakah sudah menyelesaikan pelatihan mandiri pada modul 1 atau 2? Jangan lupa untuk terus mengerjakan modul pelatihan di LMS Sertifikasi Pendidik hingga menyelesaikan aksi nyata.

Jurnal Pembelajaranku Tugas PPG Guru Tertentu Tahun 2024 di PMM

Lakukan langkah pertama yaitu mengklik "Lengkapi Jurnal Pembelajaran". Pada jurnal Modul 1 (jika masih di modul 1), peserta perlu memilih satu aksi nyata terbaik dari empat topik yang telah dipelajari, misalnya:

1. Menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD).

2. Merancang pembelajaran berdiferensiasi.

3. Menerapkan pendekatan Teaching the Right Level (TRL) pada pembelajaran.

4. Menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada pembelajaran.


Dokumen yang Harus Diunggah

  • Dokumen Aksi Nyata: Merupakan aksi nyata berdasarkan topik yang dipilih.
  • Rancangan Pembelajaran: Berdasarkan topik yang dipilih, dapat berupa prinsip UbD, pembelajaran berdiferensiasi, TRL, atau CRT.
  • Refleksi Pembelajaran dan Umpan Balik Rekan Sejawat: Dokumen refleksi pembelajaran dan umpan balik dari rekan sejawat.

Semua dokumen yang akan diunggah harus digabungkan dalam satu file PDF dengan ukuran maksimal 10 MB. File PDF dapat dibuat menggunakan Microsoft Word, PowerPoint, Canva, atau aplikasi lainnya.

Struktur Jurnal Pembelajaranku Tugas PPG Guru Tertentu Tahun 2024 di PMM

Perhatikan strukturnya sebagai berikut.

  • Judul Jurnal Pembelajaran pada Cover misalnya: Pembelajaran Berdiferensiasi, yang bisa diperjelas dengan kelas, materi, dan unit kerja. Contoh: Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 oleh Nama YYYYYY, No UKG: 45768XXX
  • Pendahuluan: menjelaskan secara singkat tentang pembelajaran yang dilakukan seperti latar belakang atau dasar pemikiran.
  • Kontrak Belajar: Saat praktik mengajar dilaksanakan.
  • Modul Pembelajaran: Memuat identitas, tujuan, media, sumber belajar, kegiatan pembelajaran, hingga penilaian.
  • Penerapan Pembelajaran: Siswa dibagi berdasarkan minat, bakat, kebutuhan belajar, profil belajar, atau gaya belajar (auditori, visual, kinestetik).
  • Hasil Pembelajaran: Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran untuk setiap gaya belajar.
  • Dokumentasi Kegiatan: Gambar dan catatan kegiatan.
  • Refleksi Pembelajaran: Refleksi dari siswa dan guru. Minimal 300 kata pada bagian refleksi.
  • Umpan Balik: Umpan balik diberikan oleh rekan sejawat atau guru, bukan siswa. Umpan balik ini bisa melalui Google Form atau cetak, dan kemudian di-scan menjadi PDF.



Contoh Materi Modul 1

Perlu diketahui bahwa untuk modul 1 Prinsip Pengajaran dan Asesmen ini terdiri dari 4 topik pembahasan, yaitu sebagai berikut.

  • Menerapkan Prinsip Understanding by Design pada pembelajaran, 
  • Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi, 
  • Merancang pembelajaran dan asesmen dengan pendekatan Teaching at The Right Level, dan  
  • Merancang pembelajaran dan asesmen dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. 

Alur Pembelajaran Modul 1

Alur pembelajaran pada modul 1 ini disajikan dengan alur MERDEKA. Oleh karena itu, setiap guru harus secara lengkap menyelesaikannya dengan alur tersebut. Proses pencapaian kompetensi mata kuliah ini dilakukan secara mandiri.

Proses pembelajaran yang harus dilakukan oleh peserta PPG Guru Tertentu ini melalui proses membaca, berdiskusi, mengerjakan soal latihan pemahaman, menyelesaikan soal Post Test yang berbentuk Situational Judgment Test (SJT) dan melengkapi Jurnal Belajarku.

Dalam penyelesaian modul ini, peserta PPG Guru Tertentu harus mengunggah atau mengupload jurnal belajar dan aksi nyata merancang pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dipelajari.

Simak Juga:



Kumpulan Aksi Nyata Modu 1 Tugas PPG Guru Tertentu Tahun 2024 Langsung Edit

Pada bagian ini disajikan Kumpulan Aksi Nyata Modu 1 Tugas PPG Guru Tertentu Tahun 2024 Langsung Edit, yaitu sebagai berikut.

UNDUH Aksi Nyata Modul 1 PPG Guru Tertentu

Unduh Kumpulan Jurnal Pembelajaranku Tugas PPG Guru Tertentu Tahun 2024 di PMM

Silakan Unduh Kumpulan Jurnal Pembelajaranku Tugas PPG Guru Tertentu Tahun 2024 di PMM, Tekan Gambar berikut.






Demikian informasi penting tentang Unduh Kumpulan Jurnal Pembelajaranku Tugas PPG Guru Tertentu Tahun 2024 di PMMSemoga bermanfaat.. 

1 comment for "UNDUH KUMPULAN JURNAL PEMBELAJARANKU TUGAS PPG GURU TERTENTU TAHUN 2024 DI PMM"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.