Pena Pendidikan-Bahan Belajar: Soal dan Kunci Jawaban Post Test PembaTIK Level 3 Kreasi Tahun 2024. Perhatikan soal dan kunci jawaban di bawah ini sebagai bahan belajar dan latihan mengerajakan Soal Post Test PembaTIK Level 3 Tahun 2024: Kreasi. Ini Bahan Belajar: Soal dan Kunci Jawaban Post Test PembaTIK Level 3 Kreasi Tahun 2024.
sumber: laman pembatTIK |
Artikel ini bersumber dari: aleepenaku.com, https://www.tribunnews.com/pendidikan dan https://www.misslena.sch.id/2024
Berikut Contoh Soal dan Kunci Jawaban Pre Test PembaTIK Level 3 Tahun 2024: Kreasi
Fitur di Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang berfungsi untuk mengunggah karya adalah…
Kelas
Pelatihan Mandiri
Bukti Karya √
Refleksi Kompetensi
Komunitas
Perhatikan jenis template-template berikut!
- Anagram
- Pengejaran dalam labirin
- Kartu acak
- Kuis
- Kartu lampu kilat
Di atas merupakan beberapa jenis template yang bisa dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan pembelajaran dalam aplikasi…
WordWall√
Power Point
Google slide
Canva for Education
Google Site
Berikut ini yang tidak termasuk dasar-dasar desain grafis pada media presentasi adalah…
layout √
Important
Lucid
Delightful
Simple
Media pembelajaran yang mampu menggabungkan benda maya dua
dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian
memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time adalah
…
Virtual Reality (VR)
Animasi Digital
Augmented Reality (AR) √
Multimedia Interaktif
Game Edukasi
Seorang guru ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya dengan menggunakan media pembelajaran digital. Salah satu metode yang digunakan guru tersebut adalah metode ACTION untuk membantu dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Guru tersebut menemukan sebuah perangkat lunak (aplikasi) yang sangat interaktif dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Namun diperlukan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan aplikasi tersebut. Pertimbangan yang digunakan oleh guru tersebut termasuk pada unsur ….
Cost√
Novelty
Interactivity
Access
Technology
Ragam atau jenis Multimedia pembelajaran interaktif dibedakan
berdasarkan pada tujuan pembelajaran, diantaranya, kecuali.…
Instructional Games
Drill and practice
Simulasi
Tipografi√
Tutorial
Pak Dika sedang merancang media pembelajaran digital yang akan digunakan di kelasnya. Pak Dika ingin memastikan media yang dibuatnya sesuai dengan ciri-ciri media pembelajaran digital yang efektif. Manakah pernyataan berikut yang tidak termasuk dalam ciri-ciri media pembelajaran digital yang efektif?
Gagasan-gagasan disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman peserta didik dan relevan
Media dapat digunakan secara acak, non-sekuensial maupun secara linear
Pembelajaran berorientasi peserta didik, melibatkan interaktifitas peserta didik yang tinggi dan memadukan kata serta visual dari berbagai sumber
Media dirancang untuk digunakan sesuai dengan keinginan perancang atau pengembang√
Prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam penggunaan media pembelajaran
Audiomass adalah aplikasi editing audio berbasis web. Penggunaan Audiomass terjadi di tahapan … .
Publikasi audio pembelajaran
Proses produksi
Penyusunan treatment
Proses pasca produksi√
Penulisan naskah
Setelah topik ditentukan, urutan berikutnya dari proses penulisan naskah audio pembelajaran adalah ….
Merumuskan tujuan
Menulis naskah
Penentuan topik
Riset pendengar√
Menentukan pokok materi
Bu Dian dan Bu Prima akan membuat media pembelajaran untuk kepentingan pembelajaran di kelas masing-masing. Bu Dian yang mengajar di kelas 3 ingin membuat video pembelajaran, sementara Bu Prima yang mengajar di kelas 5 akan membuat sebuah MPI. Baik Bu Dian maupun Bu Prima sama-sama meminta bantuan pak Johan untuk membuatkan media pembelajaran tersebut. Pada saat mengumpulkan storyboard rancangan media pembelajaran, beliau berdua lupa memberikan nama pada masing-masing storyboardnya sehingga pak Johan kebingungan untuk menentukan milik siapa storyboard yang sedang dipelajari oleh pak Johan. Setelah sampai pada halaman scene storyboard akhirnya pak Johan bisa menemukan bahwa pemilik storyboard yang sedang dipelajari adalah milik Bu Prima. Komponen pada scene storyboard yang bisa membantu pak Johan dalam menentukan pemilik naskah storyboard tersebut adalah….
Komponen Tujuan
Komponen suara
Komponen Interaksi√
Komponen Visual
Komponen Teknik kamera
Pak Jojo seorang guru IPAS yang sangat kreatif. Beliau sering membuat berbagai macam media pembelajaran dengan berbagai jenis dan selalu digunakan di dalam kelas. Namun sayangnya, tidak semua murid Pak Jojo bisa memanfaatkan media pembelajaran yang dibuat oleh Pak Jojo, karena keterbatasan perangkat. Alhasil, banyak murid yang hanya diam dan tidak mengikuti pelajaran dengan baik.
Berdasarkan ilustrasi kejadian tersebut diatas, dalam pengembangan media pembelajaran, prinsip apa yang belum dilakukan oleh Pak Jojo?
Kualitas teknis dan fleksibilitas
Fleksibilitas dan Biaya pengadaan
Peserta didik dan ketersediaan√
Tujuan dan Peserta didik
Efektivitas dan alokasi waktu
Menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar individu
siswa merupakan prinsip inovasi pembelajaran dalam aspek apa?
Refleksi
Tindak Lanjut
Kolaborasi
Keterlibatan
Fleksibilitas√
Pak Galih merupakan seorang guru yang sedang belajar menjadi konten kreator. Suatu ketika beliau memerlukan beberapa aset visual dan musik yang diambil dari suatu sumber. Sebagai konten kreator pemula, Pak Galih merasa kebingungan dan takut jika aset yang diambilnya nanti akan menyalahi ketentuan lisensi Creative Commons. Untuk itu, kode lisensi Creative Commons yang sebaiknya diambil oleh Pak Galih adalah….
CC BY - NC
CC BY - ND
CC BY√
CC BY - SA
CC BY - NC - SA
Berikut ini beberapa aplikasi daring yang dapat digunakan untuk
proses produksi video, kecuali … .
Canva
Powtoon
Filmora √
Loom
Zoom Meeting
AI membawa kepraktisan dalam penilaian evaluasi pembelajaran, AI
dapat digunakan sebagai pendeteksi kombinasi kata demi kata, serta penyusunan
kalimat dengan baik dan benar. Tidak sedikit aplikasi yang sudah menerapkan
pendekatan yang sama, antara lain: Grammarly. Bagi guru Bahasa Inggris,
aplikasi ini membantu memperbaiki kesalahan dalam pembuatan kalimat sesuai
dengan tujuan penulisan. Peran alternatif AI diatas adalah sebagai …
Smart Content
Personalize Learning
Mentor Virtual
Automatic Assessment√
Voice Assistant
Model pembelajaran inovatif yang mengutamakan proses belajar yang terarah dan terstruktur melalui proses penemuan dan eksplorasi, mendorong siswa untuk menjadi aktif dalam mendapatkan pengetahuan dengan menyelidiki, mengajukan pertanyaan, dan mencari jawaban dari masalah yang diberikan adalah …
Problem Based Learning
Flipped Classroom
Inquiry Based Learning√
Cooperative Learning
Blended Learning
Proses memadukan gambar dan suara menjadi kesatuan video yang
enak dilihat dan didengar disebut dengan ... .
Editing
Preview
Distribusi
Mixing√
Revisi
Salah satu tahapan dari proses audio pembelajaran adalah
perekaman, tahapan tersebut didahului dengan tahapan ….
Editing audio
Pemilihan musik latar belakang
Perekaman
Persiapan alat rekam√
Penggunaan sound effect
Salah satu strategi yang dapat membantu pendidik dalam
memberikan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan media
pembelajaran. Berikut fungsi dari media pembelajaran…
Membuat siswa menjadi semakin sulit memahami konsep
Membuat konkret konsep-konsep yang abstrak√
Menampilkan objek skala besar saja
Menghadirkan visualisasi yang sederhana saja
Membebani guru dalam mengajar
Amati video berikut!
Silakan klik tautan berikut untuk melihat videonya: Cerdas Berkarakter (pada link: https://youtu.be/w6HORMUQNNO?si-PeNdr JatD59to5MP)
Video "Sopo Jarwo" dikenal sebagai salah
satu video kartun populer di Indonesia yang banyak disukai oleh anak-anak.
Video ini menampilkan karakter-karakter yang dibuat dengan teknologi komputer,
memberikan tampilan yang hidup dan realistis.
Video "Sopo Jarwo" merupakan salah satu contoh media pembelajaran
video dalam bentuk ....
Animasi tradisional
Motion graphic
Stop motion
Animasi 2D
Animasi 3D√
Berikut inovasi pembelajaran dan komponen pembelajaran. Pernyataan yang sesuai adalah …
Pada komponen media pembelajaran, inovasi dilakukan dengan cara memanfaatkan media pembelajaran yang membantu mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan membantu murid menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga guru tidak perlu datang ke sekolah untuk pembelajaran tatap muka.
Pada komponen evaluasi pembelajaran, inovasi dilakukan dengan menerapkan evaluasi pembelajaran di domain pembelajaran kognitif saja.
Pada komponen tujuan pembelajaran, inovasi dilakukan melalui perumusan tujuan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Selain itu perumusan dalam level keterampilan berpikir hanya mengukur level rendah saja, tidak mengukur level berpikir yang lebih tinggi.
Pada komponen metode pembelajaran, inovasi yang dilakukan dengan mengubah metode penyampaian materi secara konvensional dimana peran guru sebagai pusat pembelajaran menjadi penggunaan model-model pembelajaran inovatif.
Pada komponen evaluasi pembelajaran, inovasi dilakukan dengan menerapkan evaluasi pembelajaran di domain pembelajaran kognitif dan psikomotorik saja.
Setelah menentukan topik materi yang akan dikembangkan
menjadi sebuah MPI langkah selanjutnya adalah menyusun…
Teks Materi
GBIM JM
Media Pendukung
Naskah√
Soal Latihan dan Tes
Tahap Produksi merupakan tahapan pembuatan dari Multimedia Pembelajaran Interaktif berdasarkan naskah yang sudah final. Urutkanlah tahapan produksi berikut dengan benar:
(1) mendesain tampilan tata letak atau layout MPI yang menarik disesuaikan dengan tema materi dalam naskah,
(2) menentukan aplikasi yang akan digunakan,
(3) melakukan proses pembuatan MPI,
(4) mempersiapkan semua aset yang dibutuhkan sesuai yang tercantum dalam naskah
1 - 2 - 3 - 4
2 - 3 - 4 - 1
4 - 2 - 1 - 3
2 - 4 - 1 - 3√
4 - 3 - 2 - 1
Dibawah ini hal yang berkaitan dengan Kecerdasan Buatan (Artificial
Intelligence/AI) dalam pembelajaran, kecuali
Dengan AI proses pembelajaran lebih aktif, inovatif, dan kreatif, sehingga semua guru dapat mengajar tanpa datang ke sekolah√
AI memungkinkan pembelajaran lebih adaptif, membuat konten pembelajaran, dan menganalisis kebenaran informasi
AI dapat membantu dalam penjadwalan, pengelolaan absensi, dan pelacakan perkembangan siswa.
AI dapat membantu membuat pendidikan lebih inklusif dengan menyediakan alat bantu untuk siswa dengan kebutuhan khusus, seperti transkripsi otomatis untuk siswa tunarungu atau aplikasi pembelajaran berbasis gambar untuk siswa tunagrahita.
AI memperkaya proses pembelajaran manusia dengan menyediakan alat dan teknik yang membuat pendidikan lebih efektif, personal, dan inklusif
Di bawah ini yang merupakan pengertian dari Virtual
Reality adalah….
Aplikasi permainan yang dirancang khusus untuk kegiatan edukasi dalam mendukung proses pembelajaran.
Teknologi yang menyediakan informasi digital tentang dunia nyata dan mencakup suara, gambar dan teks
Teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang telah disimulasikan oleh komputer sehingga pengguna merasa berada di lingkungan tersebut. √
Bentuk media yang menggabungkan banyak unsur dilengkapi dengan alat pengontrol. Dengan demikian, pengguna dapat memilih proses selanjutnya secara aktif.
Media belajar interaktif berupa modul yang mandiri dikemas dalam bentuk digital yang bertujuan mencapai kompetensi pembelajaran yang ditetapkan, serta menjadikan peserta didik lebih interaktif dengan menggunakan media belajar tersebut
Publikasi tugas video pembelajaran oleh peserta PembaTIK 2024
dilaksanakan di ....
PMM√
Canva
Youtube
LMS PembaTIK
Aplikasi yang dapat diakses secara online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis konten visual, seperti poster, spanduk, lencana, presentasi, dan banyak lagi adalah….
Google slide
Power Point
Google Site
WordWall
Canva for Education√
Aplikasi editing video ini sangat mudah digunakan dan terhubung
dengan akun aplikasi TikTok. Aplikasi tersebut adalah ... .
Youtube
Powtoon
Zoom Meeting
Canva
CapCut√
Proses mixing dilakukan agar tercipta harmoni antara berbagai track audio yang digunakan. Proses ini dapat dilakukan dengan aplikasi … .
Canva
Adobe Illustrator
Youtube
hya.wave√
Soundcloud
Perhatikan pernyataan berikut!
1. Memungkinkan peserta didik mengakses materi pelajaran secara online tanpa batasan waktu dan tempat.
2. Menyediakan pengalaman pembelajaran yang mendalam di mana peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan konten pembelajaran.
3. Mengurangi kebutuhan penggunaan buku teks dan bahan ajar tradisional.
4. Memungkinkan pengajaran yang lebih cepat karena peserta didik dapat belajar sendiri tanpa bantuan guru.
5. Memberikan visualisasi yang mendalam dan interaktif untuk konsep-konsep kompleks, membuat materi menjadi lebih konkret dan mudah dipahami.
Pernyataan yang merupakan keuntungan yang dapat diperoleh pendidik dan muridnya dari penggunaan Virtual Reality (VR) adalah ….
Semua benar
3 dan 4
2 dan 3
1 dan 5
2 dan 5√
Memberikan data tentang kemajuan belajar siswa untuk membantu pengajaran yang dipersonalisasi merupakan manfaat media pembelajaran digital dalam inovasi pembelajaran bagian…
Kustomisasi
Efektivitas
Interaktivitas
Aksesibilitas
Pemantauan Kemajuan√
Sebelum suatu media dibuat, melalui tahapan pembuatan flowchart dimana kedudukan flowchart itu adalah sebagai panduan alur program yang digambarkan dalam bentuk simbol-simbol tertentu. Melalui flowchart ini, gambaran alur program dari start sampai finish tersaji secara sistematis, sehingga hal ini menjadi sangat penting sebagai pedoman bagi programmer yang akan melakukan pemrograman pada tahap berikutnya. Beda jenis media, beda pula bentuk flowchartnya.
Jika anda memperhatikan bentuk flowchart di atas, maka media pembelajaran yang sedang dirancang berupa…..
Model Simulasi
Model Games
Model Drill
Model Tutorial √
Model Drill and Practise
Tahapan penulisan naskah audio pembelajaran berikut ini penting
dilaksanakan karena akan menentukan arah yang jelas dari sebuah proyek dan
keberhasilannya dapat diukur. Tahapan tersebut adalah ... .
Merumuskan tujuan√
Menulis naskah
Riset pendengar
Penentuan topik
Menentukan pokok materi
Berikut ini yang bukan termasuk tahapan
penulisan naskah video pembelajaran ialah …
penulisan naskah
identifikasi program
diskusi review video√
penyusunan treatment
penyusunan sinopsis
Bu Linda seorang guru yang akan mengajarkan materi tentang ekosistem kepada peserta didik kelas 5 SD dengan menggunakan media pembelajaran digital. Dalam menentukan media pembelajaran tersebut, Bu Linda mempertimbangkan tujuan instruksional, konten instruksional, karakteristik peserta didik dan media yang sesuai. berdasarkan pertimbangan tersebut Bu Linda memiliki pilihan-pilihan media sebagai berikut:
1. Buku teks karena materi dapat disajikan secara mendetail dan terstruktur.
2. Presentasi slide karena dapat menyajikan informasi dengan poin-poin yang jelas.
3. Video animasi karena dapat menjelaskan konsep ekosistem dengan visual yang menarik dan interaktif.
4. Aplikasi interaktif karena memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi langsung dengan materi dan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih mendalam.
5. Kartu flash karena membantu peserta didik menghafal komponen ekosistem dengan cepat.
Media yang tepat untuk dipilih Bu Linda yaitu ….
1 dan 2
4 dan 5
3 dan 4√
2 dan 3
3 dan 5
Usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas guna memenuhi kebutuhan belajar setiap individu disebut…
Pembelajaran seragam
Pembelajaran terdiferensiasi√
Pembelajaran terbalik
Pembelajaran konvensional
Pembelajaran homogen
Menurut Mendikbudristek, Bapak Nadiem Makarim menyebutkan bahwa
ada tiga resep menuju inovasi pendidikan, kecuali…
Fleksibilitas dan kebebasan
Tujuan hidup jelas
Diberikan resource yang cukup seperti pelatihan, ilmu, dan financia.
Perencanaan tidak jelas√
Otonomi untuk bereksperimentasi dan menemukan titik jalannya
Platform pengembangan software online berbasis cloud yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan sebagai tempat kolaborasi antar developer dalam suatu proyek perangkat lunak merupakan pengertian dari….
Genially
Smartapp Creator
Articulate Storyline
GitHub√
Google Site
Perhatikan kedua contoh A dan B berikut!
Contoh A dan B, dapat kita amati kotak B terdapat kontras atau perbedaan luminasi antara latar belakang dengan tulisan sehingga pesan pembelajaran yang disampaikan dapat sampai kepada kita. Termasuk dalam Komponen tampilan MPI apakah contoh di atas?
Warna√
Jenis huruf
Navigasi
Tata Letak
Tipografi
Perhatikan pernyatan berikut!
(1) Membuat storyboard
(2) Membuat flowchart
(3) Identifikasi program
(4) Finishing
(5) Pemrograman
(6) Mengumpulkan bahan
Urutan langkah yang akan dilakukan Bu Farah dalam membuat multimedia pembelajaran yang akan memberikan pengalaman belajar menarik dan bermakna pada langkah-langkah pembuatan garam untuk peserta didik sekolah dasar adalah ….
(3);(2);(1);(6);(5);(4) √
(2);(3);(1);(6);(5);(4)
(1);(2);(3);(4);(5);(6)
(6);(5);(4);(3);(2);(1)
(3);(6);(2);(1);(5);(4)
Sumber artikel soal:
https://www.tribunnews.com/pendidikan
https://www.misslena.sch.id/2024
aleepenaku.com
Disclaimers:
Soal dan kunci jawaban ini sebagai bahan belajar. Bukan sepenuhnya tepat 100%
Soal bisa acak.
Soal dijadikan sumber belajar saja.
Demikian informasi tentang: Soal dan Kunci Jawaban Post Test PembaTIK Level 3 Kreasi Tahun 2024. Semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Soal dan Kunci Jawaban Post Test PembaTIK Level 3 Tahun 2024 Kreasi sebagai Bahan Belajar"
Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.