Pena Pendidikan-Soal dan Kunci Jawaban Pre Test PembaTIK Level 3 Tahun 2024: Kreasi. Perhatikan soal dan kunci jawaban di bawah ini sebagai bahan belajar dan latihan mengerajakan Soal Pre Test PembaTIK Level 3 Tahun 2024: Kreasi.
sumber: laman pembatTIK |
Artikel ini bersumber dari https://www.tribunnews.com/pendidikan dan https://www.misslena.sch.id/2024
Berikut Contoh Soal dan Kunci Jawaban Pre Test PembaTIK Level 3 Tahun 2024: Kreasi
1. Aplikasi editing video ini sangat mudah digunakan dan terhubung dengan akun aplikasi Tik Tok. Aplikasi tersebut adalah .....
A. Youtube
B. CapCut
C. Zoom Meeting
D. Canva
E. Powtoon
Kunci Jawaban: B. CapCut
2. Bu Dian dan Bu Prima akan membuat media pembelajaran untuk kepentingan pembelajaran di kelas masing-masing. Bu Dian yang mengajar di kelas 3 ingin membuat video pembelajaran, sementara Bu Prima yang mengajar di kelas 5 akan membuat sebuah MPI. Baik Bu Dian maupun Bu Prima sama-sama meminta bantuan pak Johan untuk membuatkan media pembelajaran tersebut. Pada saat mengumpulkan storyboard rancangan media pembelajaran, beliau berdua lupa memberikan nama pada masing-masing storyboardnya sehingga pak Johan kebingungan untuk menentukan milik siapa storyboard yang sedang dipelajari oleh pak Johan. Setelah sampai pada halaman scene storyboard akhirnya pak Johan bisa menemukan bahwa pemilik storyboard yang sedang dipelajari adalah milik Bu Prima. Komponen pada scene storyboard yang bisa membantu pak Johan dalam menentukan pemilik naskah storyboard tersebut adalah....
A. Komponen suara
B. Komponen Interaksi
C. Komponen Tujuan
D. Komponen Teknik kamera
E. Komponen Visual
Kunci Jawaban: B. Komponen Interaksi
3. Publikasi tugas video pembelajaran oleh peserta Pemba TIK 2024 dilaksanakan di ....
A. Youtube
B. email
C. LMS PembaTIK
D. Canva
E. PMM
Kunci Jawaban: E. PMM
4. Usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas guna memenuhi kebutuhan belajar setiap individu disebut...
A. Pembelajaran seragam
B. Pembelajaran homogen
C. Pembelajaran terbalik
D. Pembelajaran terdiferensiasi
E. Pembelajaran konvensional
Kunci Jawaban: D. Pembelajaran terdiferensiasi
5. Proses mixing dilakukan agar tercipta harmoni antara berbagai track audio yang digunakan. Proses ini dapat dilakukan dengan aplikasi....
A. Youtube
B. hya.wave
C. Canva
D. Soundcloud
E. Adobe Illustrator
Kunci Jawaban: B. hya.wave
6. Memberikan data tentang kemajuan belajar siswa untuk membantu pengajaran yang dipersonalisasi merupakan manfaat media pembelajaran digital dalam inovasi pembelajaran bagian...
A. Kustomisasi
B. Efektivitas
C. Aksesibilitas
D. Pemantauan Kemajuan
E. Interaktivitas
Kunci Jawaban: D. Pemantauan Kemajuan
7. Proses memadukan gambar dan suara menjadi kesatuan video yang enak dilihat dan didengar disebut dengan....
A. Mixing
B. Preview
C. Editing
D. Revisi
E. Distribusi
Kunci Jawaban: C. Editing
8. Media pembelajaran yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time adalah ...
A. Multimedia Interaktif
B. Augmented Reality (AR)
C. Game Edukasi
D. Animasi Digital
E. Virtual Reality (VR)
Kunci Jawaban: B. Augmented Reality (AR)
9. Sebelum suatu media dibuat, melalui tahapan pembuatan flowchart dimana kedudukan flowchart itu adalah sebagai panduan alur program yang digambarkan dalam bentuk simbol- simbol tertentu. Melalui flowchart ini, gambaran alur program dari start sampai finish tersaji secara sistematis, sehingga hal ini menjadi sangat penting sebagai pedoman bagi programmer yang akan melakukan pemrograman pada tahap berikutnya. Beda jenis media, beda pula bentuk flowchartnya.
Jika anda memperhatikan bentuk flowchart di atas, maka media pembelajaran yang sedang dirancang berupa....
A. Model Tutorial
B. Model Games
C. Model Drill and Practise
D. Model Simulasi
E. Model Drill
Kunci Jawaban: C. Model Drill and Practise
10. Pak Jojo seorang guru IPAS yang sangat kreatif. Beliau sering membuat berbagai macam media pembelajaran dengan berbagai jenis dan selalu digunakan di dalam kelas. Namun sayangnya, tidak semua murid Pak Jojo bisa memanfaatkan media pembelajaran yang dibuat oleh Pak Jojo, karena keterbatasan perangkat. Alhasil, banyak murid yang hanya diam dan tidak mengikuti pelajaran dengan baik.
Berdasarkan ilustrasi kejadian tersebut diatas, dalam pengembangan media pembelajaran, prinsip apa yang belum dilakukan oleh Pak Jojo?
A. Tujuan dan Peserta didik
B. Fleksibilitas dan Biaya pengadaan
C. Kualitas teknis dan fleksibilitas
D. Peserta didik dan ketersediaan
E. Efektivitas dan alokasi waktu
Kunci Jawaban: D. Peserta didik dan ketersediaan
11. Model pembelajaran inovatif yang mengutamakan proses belajar yang terarah dan terstruktur melalui proses penemuan dan eksplorasi, mendorong siswa untuk menjadi aktif dalam mendapatkan pengetahuan dengan menyelidiki, mengajukan pertanyaan, dan mencari jawaban dari masalah yang diberikan adalah...
A. Cooperative Learning
B. Flipped Classroom
C. Problem Based Learning
D. Inquiry Based Learning
E. Blended Learning
Kunci Jawaban: D. Inquiry Based Learning
12. Berikut ini yang tidak termasuk dasar-dasar desain grafis pada media presentasi adalah...
A. Delightful
B. Lucid
C. Simple
D. Important
E. layout
Kunci Jawaban: D. Important
13. Perhatikan jenis template-template berikut!
Anagram
Pengejaran dalam labirin
Kartu acak
Kuis
Kartu lampu kilat
Di atas merupakan beberapa jenis template yang bisa dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan pembelajaran dalam aplikasi...
A. Google slide
B. Power Point
C. WordWall
D. Canva for Education
E. Google Site
Kunci Jawaban: C. WordWall
14. Berikut ini beberapa aplikasi daring yang dapat digunakan untuk proses produksi video, kecuali...
A. Loom
B. Powtoon
C. Zoom Meeting
D. Canva
E. Filmora
Kunci Jawaban: C. Zoom Meeting
15. Salah satu tahapan dari proses audio pembelajaran adalah perekaman, tahapan tersebut didahului dengan tahapan....
A. Persiapan alat rekam
B. Pemilihan musik latar belakang
C. Perekaman
D. Penggunaan sound effect.
E. Editing audio
Kunci Jawaban: A. Persiapan alat rekam
16. Setelah topik ditentukan, urutan berikutnya dari proses penulisan naskah audio pembelajaran adalah....
A. Menentukan pokok materi
B. Merumuskan tujuan
C. Riset pendengar
D. Penentuan topik
E. Menulis naskah
Kunci Jawaban: B. Merumuskan tujuan
17. Platform pengembangan software online berbasis cloud yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan sebagai tempat kolaborasi antar developer dalam suatu proyek perangkat lunak merupakan pengertian dari....
A. Google Site
B. Articulate Storyline
C. Smartapp Creator
D. GitHub
E. Genially
Kunci Jawaban: D. GitHub
18. Fitur di Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang berfungsi untuk mengunggah karya adalah...
A. Refleksi Kompetensi
B. Kelas
C. Bukti Karya
D. Komunitas
E. Pelatihan Mandiri
Kunci Jawaban: C. Bukti Karya
19. Bu Linda seorang guru yang akan mengajarkan materi tentang ekosistem kepada peserta didik kelas 5 SD dengan menggunakan media pembelajaran digital. Dalam menentukan media pembelajaran tersebut, Bu Linda mempertimbangkan tujuan instruksional, konten instruksional, karakteristik peserta didik dan media yang sesuai. berdasarkan pertimbangan tersebut Bu Linda memiliki pilihan-pilihan media sebagai berikut:
Buku teks karena materi dapat disajikan secara mendetail dan terstruktur.
Presentasi slide karena dapat menyajikan informasi dengan poin-poin yang jelas.
Video animasi karena dapat menjelaskan konsep ekosistem dengan visual yang menarik dan interaktif.
Aplikasi interaktif karena memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi langsung dengan materi dan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih mendalam.
Kartu flash karena membantu peserta didik menghafal komponen ekosistem dengan cepat. Media yang tepat untuk dipilih Bu Linda yaitu ...
A. 2 dan 3
B. 4 dan 5
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
Kunci Jawaban: D. 3 dan 4
20. Pak Dika sedang merancang media pembelajaran digital yang akan digunakan di kelasnya. Pak Dika ingin memastikan media yang dibuatnya sesuai dengan ciri-ciri media pembelajaran digital yang efektif. Manakah pernyataan berikut yang tidak termasuk dalam ciri-ciri media pembelajaran digital yang efektif?
A. Media dirancang untuk digunakan sesuai dengan keinginan perancang atau pengembang
B. Gagasan-gagasan disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman peserta didik dan relevan
C. Media dapat digunakan secara acak, non-sekuensial maupun secara linear
D. Prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam penggunaan media pembelajaran
E. Pembelajaran berorientasi peserta didik, melibatkan interaktifitas peserta didik yang tinggi dan memadukan kata serta visual dari berbagai sumber
Kunci Jawaban: A. Media dirancang untuk digunakan sesuai dengan keinginan perancang atau pengembang
21. Pak Galih merupakan seorang guru yang sedang belajar menjadi konten kreator. Suatu ketika beliau memerlukan beberapa aset visual dan musik yang diambil dari suatu sumber. Sebagai konten kreator pemula, Pak Galih merasa kebingungan dan takut jika aset yang diambilnya nanti akan menyalahi ketentuan lisensi Creative Commons. Untuk itu, kode lisensi Creative Commons yang sebaiknya diambil oleh Pak Galih adalah....
Kunci Jawaban: D. CC BY
23. Ragam atau jenis Multimedia pembelajaran interaktif dibedakan berdasarkan pada tujuan pembelajaran, diantaranya, kecuali....
A. Instructional Games
B. Drill and practice
C. Tutorial
D. Simulasi
E. Tipografi
Kunci Jawaban: E. Tipografi
24. Berikut ini yang bukan termasuk tahapan penulisan naskah video pembelajaran ialah ...
A. diskusi review video
B. penyusunan sinopsis
C. identifikasi program
D. penyusunan treatment
E. penulisan naskah
Kunci Jawaban: A. diskusi review video
25. Perhatikan pernyatan berikut!
(1) Membuat storyboard
(2) Membuat flowchart
(3) Identifikasi program
(4) Finishing
(5) Pemrograman
(6) Mengumpulkan bahan
Urutan langkah yang akan dilakukan Bu Farah dalam membuat multimedia pembelajaran yang akan memberikan pengalaman belajar menarik dan bermakna pada langkah-langkah pembuatan garam untuk peserta didik sekolah dasar adalah ....
A. (1);(2);(3);(4);(5);(6)
B. (2);(3);(1);(6):(5):;(4)
C. (3);(2);(1);(6);(5);(4)
D. (3);(6);(2);(1);(5);(4)
E. (6);(5):(4);(3):(2);(1)
Kunci Jawaban: D. (3);(6);(2);(1);(5);(4)
26. Berikut inovasi pembelajaran dan komponen pembelajaran. Pernyataan yang sesuai adalah ...
A. Pada komponen media pembelajaran, inovasi dilakukan dengan cara memanfaatkan media pembelajaran yang membantu mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan membantu murid menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga guru tidak perlu datang ke sekolah untuk pembelajaran tatap muka.
B. Pada komponen evaluasi pembelajaran, inovasi dilakukan dengan menerapkan evaluasi pembelajaran di domain pembelajaran kognitif dan psikomotorik saja.
C. Pada komponen evaluasi pembelajaran, inovasi dilakukan dengan menerapkan evaluasi pembelajaran di domain pembelajaran kognitif saja.
D. Pada komponen metode pembelajaran, inovasi yang dilakukan dengan mengubah metode penyampaian materi secara konvensional dimana peran guru sebagai pusat pembelajaran menjadi penggunaan model-model pembelajaran inovatif.
E. Pada komponen tujuan pembelajaran, inovasi dilakukan melalui perumusan tujuan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Selain itu perumusan dalam level keterampilan berpikir hanya mengukur level rendah saja, tidak mengukur level berpikir yang lebih tinggi.
Kunci Jawaban: D. Pada komponen metode pembelajaran, inovasi yang dilakukan dengan mengubah metode penyampaian materi secara konvensional dimana peran guru sebagai pusat pembelajaran menjadi penggunaan model-model pembelajaran inovatif.
27. Perhatikan kedua contoh A dan B berikut!
Contoh A dan B, dapat kita amati kotak B terdapat kontras atau perbedaan luminasi antara
latar belakang dengan tulisan sehingga pesan pembelajaran yang disampaikan dapat sampai kepada kita. Termasuk dalam Komponen tampilan MPI apakah contoh di atas?
A. Jenis huruf
B. Tipografi
C. Navigasi
D. Warna
E. Tata Letak
Kunci Jawaban: D. Warna
28. Aplikasi yang dapat diakses secara online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis konten visual, seperti poster, spanduk, lencana, presentasi, dan banyak lagi adalah....
A. Canva for Education
B. WordWall
C. Google slide
D. Power Point
E. Google Site
Kunci Jawaban: A. Canva for Education
29. Menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar individu siswa merupakan prinsip inovasi pembelajaran dalam aspek apa?
A. Keterlibatan
B. Fleksibilitas
C. Refleksi
D. Tindak Lanjut
E. Kolaborasi
Kunci Jawaban: B. Fleksibilitas
30. Tahapan penulisan naskah audio pembelajaran berikut ini penting dilaksanakan karena akan menentukan arah yang jelas dari sebuah proyek dan keberhasilannya dapat diukur. Tahapan tersebut adalah...
A. Riset pendengar
B. Merumuskan tujuan
C. Menentukan pokok materi
D. Penentuan topik
E. Menulis naskah
Kunci Jawaban: B. Merumuskan tujuan
31. Perhatikan pernyataan berikut!
Memungkinkan peserta didik mengakses materi pelajaran secara online tanpa batasan waktu dan tempat.
Menyediakan pengalaman pembelajaran yang mendalam di mana peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan konten pembelajaran.
Mengurangi kebutuhan penggunaan buku teks dan bahan ajar tradisional.
Memungkinkan pengajaran yang lebih cepat karena peserta didik dapat belajar sendiri tanpa bantuan guru.
Memberikan visualisasi yang mendalam dan interaktif untuk konsep-konsep kompleks, membuat materi menjadi lebih konkret dan mudah dipahami.
Pernyataan yang merupakan keuntungan yang dapat diperoleh pendidik dan muridnya dari penggunaan Virtual Reality (VR) adalah ....
A. 2 dan 3
B. 3 dan 4
C. 1 dan 5
D. Semua benar
E. 2 dan 5
Kunci Jawaban: E. 2 dan 5
32. Tahap Produksi merupakan tahapan pembuatan dari Multimedia Pembelajaran Interaktif berdasarkan naskah yang sudah final. Urutkanlah tahapan produksi berikut dengan benar:
(1) mendesain tampilan tata letak atau layout MPI yang menarik disesuaikan dengan tema materi dalam naskah,
(2) menentukan aplikasi yang akan digunakan,
(3) melakukan proses pembuatan MPI,
(4) mempersiapkan semua aset yang dibutuhkan sesuai yang tercantum dalam naskah
A. 4-3-2-1
B. 2-3-4-1
C. 1-2-3-4
D. 4-2-1-3
E. 2-4-1-3
Kunci Jawaban: E. 2-4-1-3
33. Seorang guru ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya dengan menggunakan media pembelajaran digital. Salah satu metode yang digunakan guru tersebut adalah metode ACTION untuk membantu dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Guru tersebut menemukan sebuah perangkat lunak (aplikasi) yang sangat interaktif dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Namun diperlukan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan aplikasi tersebut. Pertimbangan yang digunakan oleh guru tersebut termasuk pada unsur ....
A. Cost
B. Access
C. Interactivity
D. Technology
E. Novelty
Kunci Jawaban: A. Cost
34. Dibawah ini hal yang berkaitan dengan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/Al) dalam pembelajaran, kecuali...
A. Al memungkinkan pembelajaran lebih adaptif, membuat konten pembelajaran, dan menganalisis kebenaran informasi
B. Al memperkaya proses pembelajaran manusia dengan menyediakan alat dan teknik yang membuat pendidikan lebih efektif, personal, dan inklusif
C. Al dapat membantu dalam penjadwalan, pengelolaan absensi, dan pelacakan perkembangan siswa.
D. Al dapat membantu membuat pendidikan lebih inklusif dengan menyediakan alat bantu untuk siswa dengan kebutuhan khusus, seperti transkripsi otomatis untuk siswa tunarungu atau aplikasi pembelajaran berbasis gambar untuk siswa tunagrahita.
E. Dengan Al proses pembelajaran lebih aktif, inovatif, dan kreatif, sehingga semua guru dapat mengajar tanpa datang ke sekolah
Kunci Jawaban: E. Dengan Al proses pembelajaran lebih aktif, inovatif, dan kreatif, sehingga semua guru dapat mengajar tanpa datang ke sekolah
35. Setelah menentukan topik materi yang akan dikembangkan menjadi sebuah MPI langkah selanjutnya adalah menyusun...
A. Teks Materi
B. Media Pendukung
C. Soal Latihan dan Tes
D. Naskah
E. GBIM JM
Kunci Jawaban: D. Naskah
36. Audiomass adalah aplikasi editing audio berbasis web. Penggunaan Audiomass terjadi di tahapan...
A. Proses produksi
B. Proses pasca produksi
C. Penulisan naskah
D. Penyusunan treatment
E. Publikasi audio pembelajaran
Kunci Jawaban: B. Proses pasca produksi
37. Salah satu strategi yang dapat membantu pendidik dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Berikut fungsi dari media pembelajaran...
A. Membebani guru dalam mengajar
B. Membuat siswa menjadi semakin sulit memahami konsep
C. Membuat konkret konsep-konsep yang abstrak
D. Menampilkan objek skala besar saja
E. Menghadirkan visualisasi yang sederhana saja
Kunci Jawaban: C. Membuat konkret konsep-konsep yang abstrak
38. Al membawa kepraktisan dalam penilaian evaluasi pembelajaran, Al dapat digunakan sebagai pendeteksi kombinasi kata demi kata, serta penyusunan kalimat dengan baik dan benar. Tidak sedikit aplikasi yang sudah menerapkan pendekatan yang sama, antara lain: Grammarly. Bagi guru Bahasa Inggris, aplikasi ini membantu memperbaiki kesalahan dalam pembuatan kalimat sesuai dengan tujuan penulisan. Peran alternatif Al diatas adalah sebagai
A. Automatic Assessment
B. Mentor Virtual
C. Personalize Learning
D. Smart Content
E. Voice Assistant
Kunci Jawaban: D. Smart Content
39. Amati video berikut!
Silakan klik tautan berikut untuk melihat videonya: Cerdas Berkarakter (pada link: https://youtu.be/w6HORMUQNNO?si-PeNdr JatD59to5MP)
Video "Sopo Jarwo" dikenal sebagai salah satu video kartun populer di Indonesia yang banyak disukai oleh anak-anak. Video ini menampilkan karakter-karakter yang dibuat dengan teknologi komputer, memberikan tampilan yang hidup dan realistis. Video "Sopo Jarwo" merupakan salah satu contoh media pembelajaran video dalam bentuk ....
A. Animasi tradisional
B. Motion graphic
C. Stop motion
D. Animasi 2D
E. Animasi 3D
Kunci Jawaban: E. Animasi 3D
40. Di bawah ini yang merupakan pengertian dari Virtual Reality adalah....
A. Aplikasi permainan yang dirancang khusus untuk kegiatan edukasi dalam mendukung proses pembelajaran.
B. Media belajar interaktif berupa modul yang mandiri dikemas dalam bentuk digital yang bertujuan mencapai kompetensi pembelajaran yang ditetapkan, serta menjadikan peserta didik lebih interaktif dengan menggunakan media belajar tersebut
C. Teknologi yang menyediakan informasi digital tentang dunia nyata dan mencakup suara, gambar dan teks
D. Bentuk media yang menggabungkan banyak unsur dilengkapi dengan alat
pengontrol. Dengan demikian, pengguna dapat memilih proses selanjutnya secara aktif.
E. Teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang telah disimulasikan oleh komputer sehingga pengguna merasa berada di lingkungan tersebut.
Kunci Jawaban: E. Teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang telah disimulasikan oleh komputer sehingga pengguna merasa berada di lingkungan tersebut.
41. Menurut Mendikbudristek, Bapak Nadiem Makarim menyebutkan bahwa ada tiga resep menuju inovasi pendidikan, kecuali...
A. Diberikan resource yang cukup seperti pelatihan, ilmu, dan financia.
B. Perencanaan tidak jelas
C. Tujuan hidup jelas
D. Fleksibilitas dan kebebasan
E. Otonomi untuk bereksperimentasi dan menemukan titik jalannya
Kunci Jawaban: B. Perencanaan tidak jelas
Sumber artikel soal:
https://www.tribunnews.com/pendidikan
https://www.misslena.sch.id/2024
Disclaimers:
Soal dan kunci jawaban ini sebagai bahan belajar. Bukan sepenuhnya tepat 100%
Soal bisa acak.
Soal dijadikan sumber belajar saja.
Post a Comment for "Contoh Soal dan Kunci Jawaban Pre Test PembaTIK Level 3 Tahun 2024: Kreasi"
Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.