Syarat Utama, Materi dan Passing Grade Seleksi PPPK Guru Kemdikbudristek Tahun 2024

Pena Pendidikan-Syarat Utama, Materi dan Passing Grade Seleksi PPPK Guru Kemdikbudristek Tahun 2024. Khusus untuk pendaftaran PPPK Guru perlu diperhatikan tentang Syarat, Materi dan Passing Grade Seleksi PPPK Guru Kemdikbudristek Tahun 2024. Hal ini sangat penting agar para sahabat dapat menentukan pilihan formasi yang fokus dipilih sesuai dengan kualifikasi akademiknya.

sumber gambar: https://bkpsdm.limapuluhkotakab.go.id/

Cek Kualifikasi Akademik, DI SINI

Kategori Prioritas PPPK, DI SINI

Kisi-Kisi Soal dan Materi Modul Seleksi PPPK 2024, DI SINI

Syarat Pendaftaran PPPK Guru 2024

Adapun Syarat Pendaftaran PPPK Guru 2024 sesuai dengan SE: Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan/ GTK Kemendikbudristek Nomor 1311/B.B1/HK.04.01/2024 tentang Kualifikasi Akademik dan Sertifikat Pendidik dalam Pendaftaran Seleksi PPPK JF Guru 2024.

Maka dengan memperhatikan konsideran tersebut, di abwah ini syarat-syarat pendaftaran PPPK guru:

  • Syarat Kualifikasi Akademik: kualifikasi S1/D4 dan/atau sertifikat pendidik.
  • Serdik: pelamar harus sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimiliki.
  • Jika tidak memiliki serdik: sertifikat pendidik, maka calon PPPK guru mendaftar sesuai kualifikasi akademik S1/D4 yang dimiliki.
  • serta syarat lain sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Materi Seleksi PPPK Guru 2024

Adapun untuk Ujian seleksi PPPK, maka materi yang akan diujikan terdiri dari seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi terdri dari seleksi kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural. Seleksi kompetensi dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas yang akan dilakukan atau dilaksanakan dengan wawancara berbasis komputer.

Materi seleksi kompetensi dan wawancara terdiri dari:

Materi kompetensi teknis: disajikan dengan tujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang bisa diamati, diukur, dan dikembangkan spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Materi kompetensi manajerial: disajikan dengan tujuan untuk menilai komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang bisa diamati dan diukur, yakni meliputi kompetensi:

- Integritas

- Kerja sama

- Komunikasi

- Orientasi pada hasil

- Pelayanan publik

- Pengembangan diri dan orang lain

- Mengelola perubahan

- Pengambilan keputusan

Materi kompetensi sosial kultural: disajikan dengan tujuan untuk menilai pengetahuan dan sikap mengenai pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

Materi wawancara menggali informasi non kognitif disajikan untuk menilai integritas dan moralitas (kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan).


Jumlah Soal dan Passing Grade PPPK 2024

Selanjutnya tentang jumlah seluruh soal dalam seleksi kompetensi PPPK tahun 2024 dan wawancara adalah sebanyak 145 butir, dengan rincian:

Seleksi kompetensi teknis 90 soal

Seleksi kompetensi manajerial 25 soal

Seleksi kompetensi sosial kultural 20 soal

Wawancara 10 soal

Passing Grade

Soal kompetensi teknis: Bobot jawaban benar paling rendah 1, paling tinggi 5, dan tidak menjawab bernilai 0.

Soal kompetensi manajerial, sosial kultural, wawancara: Jawaban benar paling rendah 1, paling tinggi 4, tidak menjawab bernilai 0.

Nilai kumulatif paling tinggi untuk seleksi kompetensi dan wawancara adalah 670, rinciannya:

- Seleksi kompetensi teknis: 450

- Seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural: 180

- Wawancara: 40


Demikian informasi tentang Syarat Utama, Materi dan Passing Grade Seleksi PPPK Guru Kemdikbudristek Tahun 2024 . Semoga bermanfaat.

1 comment for "Syarat Utama, Materi dan Passing Grade Seleksi PPPK Guru Kemdikbudristek Tahun 2024 "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.